Jenis dan harga serta kegunaan batu akik di tahun 2015

Jenis dan harga serta kegunaan batu akik


Hay sobat blogger, hari ini saya aakan membahas tentang jenis dan ke unggulan batu akik. Ditahun 2015 ini sudah banyak sekali yang menyukai batu akik sekarang tak hanya orng orang tua saja yang mrnyukai batu akik, anak muda sampai ibuk ibuk rumah tangga juga menyukai batu akik. batu akik sering juga di sebut batu mulia, apa itu abatu akik atau batu mulia, batu akik atau batu mulia adalah batu batu yang trbentuk dari mineral mineral alam yang mengkristal menjadi batu dalam kurun waktu yang ter ten tu, bisa saja dalam seratus tahun atau ruban tahun lama nya. batu akik atau batu mulia tersebut jaga memiliki kekerasan yang ber beda beda dan memiliki transparasi yang berbeda pula. jadi karna itu lah jenis dan warna batu akik tersebut bermacam macam, tergantung pada jenis minerak di dalam nya.

Jenis-jenis dan nama batu akik

  • Batu akik sisik naga khas Enrekang

Jenis dan harga serta kegunaan batu akik

Batu akik sisik naga khas Enrekang, Sulawesi Selatan,Salah satu jenis yang langka adalah batu sisik naga bercorak emas. batuan alam yang termasuk kelompok septarian noudles itu lebih keras ketimbang batu akik jenis lainnya. Saat digerinda, batu ini sangat keras, mirip besi. Warga Enrekang, Sulawesi Selatan, menduga sisik naga motif baru ini mengandung emas meskipun belum dibuktikan secara ilmiah.
  • Batu akik kalimaya
Jenis dan harga serta kegunaan batu akik

batu akik asal Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak ini memiliki karakteristik berbeda dengan batuan lainnya. Batu akik hasil 'fermentasi' alam ini bahkan harganya mencapai 2.500 dollar/karat dan masuk dalam jajaran 10 batu mulia termahal di dunia. Konon batu ini nama aslinya adalah Kali Maja karena batu ini berada di dalam sungai atau kali yang ada di Maja.
  • Batu akik red rafflesia
Jenis dan harga serta kegunaan batu akik

Batu akik red Raflesia berasal Bengkulu. Red rafflesia ini diketahui beberapa kali memenangkan kontes batu akik Nusantara hingga menjadi incaran dan buruan para pencinta akik. red rafflesia memiliki warna khas layaknya bunga raflesia. Ada juga yang berwarna merah. 
  • Batu bacan
Jenis dan harga serta kegunaan batu akik

Batu bacan merupakan jenis batu yang diperoleh dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku. Batu bacan memiliki beragam warna, bahkan suhu tubuh manusia bisa memengaruhi keindahan batu bacannya. Suhu tubuh bisa mempengaruhi proses kematangan batu bacan yang dipakai, semakin panas suhu tubuh, maka semakin matang batu bacannya.
  • Batu Bulu Macan
Jenis dan harga serta kegunaan batu akik

Batu Bulu Macan masuk kategori batu akik atau agate. Batu ini, juga termasuk satu dari beberapa batu akik Indonesia yang pamornya sudah terkenal ke seluruh dunia. Batu bulu macan berasal dari daerah Jawa Timur sekitar Lumajang dan Jember. Disebut bulu macan, karena batu ini bisa mengeluarkan warna seperti bulu macan. 
  • Batu Giok lumut Aceh
Jenis dan harga serta kegunaan batu akik

Batu Giok Lumut berasal dari kampung yang juga bernama Lumut di Kecamatan Linge, Aceh Tengah. jenis Giok Lumut memiliki karakter warna hijau tua, dan menurutnya begitulah warna giok yang sebenarnya. Giok Aceh mempunyai ciri khas, jika dipegang terasa dingin. 
  • Batu akik Pancawarna
Jenis dan harga serta kegunaan batu akik

Batu akik ini bisa ditemukan di Caringin dan Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Panca warna merupakan batu akik dengan tingkat kekerasan mencapai 4 hingga 7 skala mohs. Yang menjadi patokan tingkat kekerasan batu adalah kandungan mineral. Tidak seperti namanya, panca warna bisa memiliki lebih dari 5 warna. Tak jarang dengan motif tertentu membuat batu jenis ini sulit dipalsukan. Ada tiga jenis batu panca warna yang ramai diburu pecinta akik. Pertama, yaitu panca warna edong, kedua panca warna cisangkal dan yang ketiga adalah panca warna kalhi. 

Cara menentukan asli tidaknya batu akik

Jika ingin membeli batu akik pastikan batu itu asli dan jangan sampai membeli batu yang palsu. Berikut cara seerhana menetukan asli tidaknya batu akik.
  • Dengan senter
Batu akik asli ketika disenter akan terlihat adaya serat-serat. Serat-serat ini jugalah yang menentukan harga dan kualitas batu akik. Batu akik masakan tidak akan memiliki serat, dan akan terlihat jernih sekali ketika disenter. Hal ini tentunya hanya bisa dilakukan pada batu-batu yang jernih dan tembus pandang seperti bacan dan pandan. Batu alami pasti memiliki serat-serat natural dan unik, berbeda dengan buatan manusia.
  • Dirasakan ke kulit atau pipi
Jika dingin, maka batu akik asli.
Meneteskan air Anda juga bisa mencoba meneteskan air ke atas batu, apabila tetesan tersebut menetap, maka batu akik tersebut sudah pasti asli. 
  • Berat batu akik
Hal pembeda lainnya adalah berat. Batu akik asli dan kaca bisa terasa berbeda beratnya. 
  • Dengan smartphone layar sentuh
Tidak perlu menginstal software apapun pada smartphone Anda, karena yang digunakan untuk mendeteksi keaslian batu akik adalah sensor sentuh yang ada di permukaan layar smartphone. Caranya gosokkan dengan lembut batu akik yang diuji di permukaan layar sentuh. Jika batuan asli maka akan ada respons pada layar sentuh. Batu akik asli berfungsi laiknya sebuah stylus pen pada smartphone layar sentuh. Sedangkan akik imitasi tidak menimbulkan reaksi apapun pada layar sentuh.

bagai mana sobat blogger postingan hari ini, smoga posting tentang jenis dan ke unggulan batu akik bermanfaat buat teman teman ya dan jangan lupa di bangikan kepada teman teman yang lain...


No comments:


Top